Potensi Kelautan Banggai Kepulauan

Luasnya wilayah perairan kabupaten kepulauan ini, di dalamnya menyimpan potensi kelautan yang sangat besar. Namun dibanding dengan luasnya kawasan perairan pengelolaan sumberdaya kelautan belum termanfaatkan secara optimal. Disamping itu belum banyak calon investor yang melirik daerah ini untuk menanamkan modalnya dalam sub sektor periknan.
Dari hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh Dinas Kelautan & Perikanan Provinsi Sulteng, di kawasan perairan Teluk Tolo tercatat sedikitnya 49 jenis ikan laut ekonomis (Pelagis) dan 46 jenis ikan laut Demersial. Tapi yang lebih mengagumkan lagi mengenai biota laut Banggai Kepulauan ini ialah hasil penelitian Tim Coral Cay Conservation (CCC) dari Inggris. Sejumlah pakar kelautan dan biologi dalam tim tersebut mencatat sedikitnya ditemukan 485 spesies ikan, molucsa dan kerang.
Beberapa jenis ikan Pelagis diantaranya adalah ikan Tongkol (Auds Sp), Cakalang (Katsuwonus Sp), Tenggiri (Scomberomonus Sp). Jenis ikan Demersial antara lain Ekor Kuning (Caesio Sp), Kerapu Bebek (Cromileptes Sp), Kerapu Karang (Chepalopolis) dan Kakap Hitam (Lobates Sp). Disamping itu juga ditemukan sejumlah ikan hias berbagai jenis. Diantaranya ialah ditemukannya jenis ikan langka dan hanya terdapat di perairan Banggai Kepulauan, yaitu ikan

Napoleon Wrasse dan Cardial Fish Banggai (Ptera Cogon Cauderni).
Potensi sumber daya laut Banggai Kepulauan yang memiliki nilai ekonomis lainnya ialah Rumput laut (Eucheuma Spinosum) dan Mutiara (Pinetada maxima) yang telah dibudidayakan, baik oleh nelayan sendiri maupun beberapa pengusaha yang bergerak dalam bidang usaha hasil laut daerah ini. Jumlah produksi perikanan Kabupaten Banggai Kepulauan yang tercatat hingga tahun ini baru sekitar 11.476 ton per tahun atau sekitar 80% dari potensi lestari sumber daya ikan laut yang diperkirakan sebesar 14.347 ton per tahun.(Soeria Lasny)


Benggawi Media Online Home

0 Response to "Potensi Kelautan Banggai Kepulauan"

Posting Komentar

PRIMBON RAMALAN JODOH SAKTI

Read more: BEBEN RASTA