Rumput Laut Dari Bangkep Untuk Apa?

Petani Rumput Laut

Rumput laut merupakan salah satu komoditi ekspor Banggai Kepulauan. Banyak pihak yang terlibat dalam persoalan rumput laut ini. Mulai dari rakyat kecil yang bergelut melakukan budidaya terhadap komoditi yang satu ini, hingga para pengusaha pengumpul rumput laut hingga  eksportir dengan modal milyaran Rupiah. Namun mereka tak pernah mengetahui untuk apa rumput laut yang mereka produksi tersebut. Bagi rakyat kecil itu tidak penting. Yang penting mereka mendapatkan hasil dari jerih payahnya untuk menghidupkan keluarga.
Rumput laut yang tumbuh di perairan Banggai Kepulauan merupakan jenis yang samngat baik maupun pertumbuhannya bila dibudidayakan.
Berdasarkan hasil penelitian, rumput laut yang terdapat di perairan Banggai Kepulauan ini ialah  Eucheauma Spinosum, Eucheuma Eddule (Cotonoli), Hypnea dan Gracillaria. Kedua jenis terdahulu merupakan jenis yang berkualitas ekspor dengan kadar keragian yang tinggi. Jenis ini tumbuh tetap pada suatu tempat tertentu, sedang jenis Hypnea dan Gracillaria bertumbuh secara liar.
Jenis Eucheuma Spinosum meruapakan bahan baku bagi industri sebagai stabillized pengalengan ikan maupun pengalengan makanan lainnya. Selain itu rumput laut juga dijadikan bahan baku untuk binder odol pada industri odol, capsul obat, cosmetik (hand locion) dan sebagainya. Rumput laut ini juga dapat diolah menjadi makanan agar. Dengan demikian, selama rumput laut ini dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan industri sebagaimana diutarakan di atas, selama itu pula rumput laut akan tetap dibutuhkan.(Soeria Lasny)   


Benggawi Media Online Home

0 Response to "Rumput Laut Dari Bangkep Untuk Apa?"

Posting Komentar

PRIMBON RAMALAN JODOH SAKTI

Read more: BEBEN RASTA